Senin, 22 Januari 2024

Pakaikan Seragam Rompi Kepada PTPS,Bupati PALI Berpesan Jaga Pemilu 2024 Tetap Jujur Dan adil

Realita Terkini.co.id_ PALI (22/01/2024) Tunjang kesiapan demi terlaksananya Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang jujur dan adil,Bupati PALI (Penukal Abab Lematang Ilir) Provinsi Sumatera Selatan H.Heri Amalindo memakaikan rompi seragam kepada anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Pemakaian seragam rompi itu sendiri di lakukan oleh Bupati PALI pada saat menghadiri acara pelantikan anggota petugas pengawas TPS kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI,di Gedung Orkes Komplek Pertamina Pendopo. 

Di pakaikan nya seragam rompi tersebut  secara simbolis oleh Bupati, mengisyaratkan kesiapan seluruh anggota PTPS yang bertugas mengawasi proses jalannya pemungutan suara Pilpres dan Pileg pada 14 Februari 2024 mendatang. 

 "Bupati PALI memberikan pesan terhadap semua anggota PTPS yang baru dilantik agar selalu berkoordinasi lembaga di atasnya saat bertugas nanti, cepat koordinasikan dengan Panwascam ketika ada masalah di lapangan, jangan bertindak sendiri tapi segeralah laporkan dengan Bawaslu atau Panwaslu Kecamatan jika ada temuan temuan di lapangan"pesan Bupati. 

Bupati juga menekankan kepada seluruh anggota PTPS untuk tidak Ikut-ikutan berkampanye. "Selaku pengawas dilarang untuk ikut mengkampanyekan salah satu Capres maupun Caleg. Karena anda adalah Seorang pengawas dalam Pemilu tegasnya"

"Jalankan lah tugas dan fungsi dengan amanah sesuai dengan aturan yang berlaku,kalian semua telah disumpah atas nama tuhan, laksanakan lah dengan sebaik baik nya serta pegang teguh azas Pemilu yakni Luber dan Jurdil."

Saat bertugas nanti anggota PTPS harus selalu bersinergi,berkomunikasi dan berkoordinasi dengan KPPS saat di lapangan,Pemilu akan sukses kalau semua pihak dapat bekerjasama dengan baik.

"Bupati juga mengingatkan pada semua anggota PTPS untuk selalu menjaga kesehatan,karena mulai hari ini hingga 7 hari pasca pelaksanaan pemilu anda sudah bekerja," himbaunya.

Pada kesempatan ini juga Ketua Bawaslu PALI Lestrianti menyebut bahwa tugas seorang anggota PTPS tidaklah  ringan,karena mulai saat ini, jiwa dan raga  anggota PTPS  di abdikan seluruh nya demi suksesnya Pemilu 2024  dan ini tidak ringan" kata Ketua Bawaslu PALI. 

Lestrianti juga menegaskan agar semua anggota PTPS untuk benar benar bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya, jangan hanya berdiri saja di TPS, dan janganlah juga hanya datang saat buka kotak suara dan datang lagi sesudah penghitungan suara.

"Ujung tombak demokrasi ada dibahu anda,jangan datang lalu pergi, tapi bekerjalah penuh waktu kecuali sakit, tidak ada alasan untuk meninggalkan TPS sebelum proses Pemilu selesai," tegasnya. 

Di jelaskan juga oleh Lestrianti bahwa PTPS adalah pengawas di TPS untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan Jurdil. 

"Selain itu juga PTPS harus selalu berkooordinasi dengan Bawaslu, awasi, pada saat masa tenang pastikan masa tenang benar-benar tenang, pastikan tidak ada parpol atau caleg yang melakukan kegiatan politik," pungkasnya.

0 komentar: