Selasa, 05 September 2023

TOREHKAN PRESTASI KATEGORI DAERAH PALING INOVTIF DI INDONESIA BUPATI PALI MINTA SEMUA PIHAK LAHIRKAN INOVASI BARU

 

Realita Terkini.com  - 5 september 2023. Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali torehkan  prestasi luar biasa di tingkat nasional dalam kategori salah satu daerah yang paling inovatif di Indonesia.

Hal ini tentunya tak terlepas dari visi misi dari Bupati DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM untuk menjadikan PALI daerah yang maju makmur dengan jalan malahirkan inovasi inovasi baru yang terbaik guna melaksanakan cita cita nya.

PALI, yang merupakan daerah otonomi baru yang baru berusia seumuran jagung kini bisa masuk dalam kategori daerah paling inovatif se-Indonesia,bahkan berhasil meraih peringkat kedua dalam penyampaian inovasi pada Inovation Government Award, IGA 2023, yang mencakup urutan 100 besar dari 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Prestasi ini tentunya adalah sebuah pencapaian besar bagi daerah yang saat ini baru berumur 10 tahun,salah satu pemicu prestasi ini adalah program PALI Inovation Award (PIA) 2023, yang telah berhasil menelurkan puluhan inovasi signifikan di berbagai bidang.

Program yang diinisiasi oleh Bupati Heri Amalindo ini kemudian di godog oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten PALI untuk kemudian dilaksanakan oleh semua jajaran pemerintah.

Bupati Heri Amalindo tak dapat menutupi  kebahagiannya atas semua pencapaian positive ini, dan menggarisbawahi bahwa kabupaten PALI saat ini telah menjadi sorotan pemerintah baik di tingkat regional maupun nasional, karena semua prestasinya di bidang olahraga, pendidikan, dan inovasi.

Kemudian Heri Amalindo juga menekankan bahwa kesuksesan PALI bukan lah hanya kesuksesan seorang kepala daerah, akan tetapi ini adalah juga hasil dari kontribusi semua elemen masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pelajar yang terus menghadirkan gagasan inovative yang baru.

Kepala Balitbang kabupaten PALI, Khairiman, SPt MSi, mengakui bahwa prestasi ini adalah wujud nyata dari visi misi Bupati Heri Amalindo,

Ada 78 inovator yang ikut serta berpartisipasi dalam PALI Innovation Award Tahun 2023, dan tim penilai berasal dari lembaga yang kredibel, termasuk beberapa ahli terkemuka,dengan kategori penghargaan mencakup kesehatan, pelajar mahasiswa, pertanian dan pangan, perangkat daerah, pendidikan, serta desa dan kelurahan.

Beberapa inovasi bahkan sedang menjalani uji laboratorium dan berpotensi untuk diproduksi secara massal,dengan bermodalkan berbagai prestasi ini, Pemkab PALI berharap indeks inovasi daerah dapat terus meningkat dan mendorong seluruh elemen masyarakat untuk terus berkreasi dan berinovasi, sehingga menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu pusat inovasi terdepan di Indonesia.

0 komentar: