Senin, 01 April 2024

Gelar Gerakan pangan Murah Bupati PALI Berharap Bisa Bantu Ringankan Beban Masyarakat

Realita Terkini.id_PALI.01/04/2024-Harga kebutuhan bahan pangan kian hari kian memebebani daya beli masyarakat,harga harga semua komoditi yang kian melonjak tinggi terutama disaat bulan puasa mendekati lebaran.

Melihat kondisi masyarakat yang sedang dalam kesulitan, "menyesuaikan dengan program penanganan inflasi yang diperintahkan oleh Pemerintah Pusat dan dengan menggandeng beberapa perusahan besar baik Swasta ataupun BUMN yang ada di PALI, maka dari itu Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Adakan Program Gerakan Pangan Murah bersubsidi untuk membantu masyarakat penuhi kebutuhan pangan jelang lebaran dengan harga terjangkau.

Acara Program Gerakan Pangan Murah tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati PALI Provinsi Sumatera Selatan Dr Ir.H.Heri Amalindo MM bertempat di halaman Kantor Bupati PALI Km 10 Handayani Mulya,yang mana acara serupa dilakukan serentak diseluruh Indonesia. 

Ada ribuan paket sembako murah yang disiapkan oleh Pemerintah kabupaten PALI pada kegiatan Gerakan Pangan Murah tersebut,dimana harga sembako atau bahan pangan telah disubsidi hingga menjadi lebih terjangkau terhadap daya beli masyarakat. 

"Gerakan Pangan Murah ini diadakan dengan tujuan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok jelang hari besar Idul Fitri," ujar Bupati Heri Amalindo. 

Bupati juga berharap dengan adanya program ini harga bahan pokok di pasaran bisa terus stabil dan tidak melonjak naik tak terkendali sehingga membuat masyarakat semakin menjerit.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Novita Febrianti saat di wawancarai menyebut bahwa program ini tidak hanya digelar satu hari,"Akan ada kegiatan lanjutan seperti ini besok di halaman Kantor Kejari PALI,"ungkap Novita. 

Adapun jumlah paket bahan pokok yang tersedia pada bazar hari pertama ini adalah sejumlah 1.800 paket beras, gula dan minyak sayur serta 500 paket susu.

"Harga paket semuanya sudah disubsidi,ada tiga varian harga yang disesuaikan dengan Paket yang disediakan,paket pertama berisi "beras, minyak dan tepung dijual dengan harga Rp70 ribu. Sedangkan paket 2 berisi beras, minyak dan telur dihargai Rp85 ribu serta paket ke 3 yang berisi susu, gula dan mentega harganya hanya Rp20 ribu," jelasnya.

Dalam Gerakan Pangan Murah tersebut, Novita mengaku ada kontribusi dari sejumlah perusahaan yang beroperasi di Wilayah kabupaten PALI Baik Perusahaan swasta ataupun Perusahaan Pelat merah. 

"Ada beberapa perusahaan yang turut serta berpartisipasi membantu masyarakat dengan jalan mensubsidi harga bahan pangan agar lebih terjangkau untuk masyarakat,dan tentu hal ini sangat menggembirakan bagi kita semua,dan kami sampaikan banyak terima kasih atas partisipasinya," ucap Novita. 

Sebelum membuka program Gerakan Pangan Murah, Bupati PALI mengikuti apel siaga gerakan pangan murah secara daring bersama menteri perdagangan Zulkifli Hasan yang menandakan program tersebut digelar serentak di seluruh penjuru Nusantara.ADV

0 komentar: