Senin, 12 Februari 2024

H-1 Sebelum Pemilu 2024 Bawaslu PALI Pastikan Tidak Ada Lagi APK yang Masih Terpasang

 Realita Terkini.id _ PALI.12/02/2024. H-2 sebelum Pemilu 14 Februari 2024 di laksanakan yang seharus nya sudah memasuki masa tenang, Alat Peraga Kampanye (APK) tampak masih banyak bertebaran disejumlah titik di setiap sudut kota Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Menyikapi masih banyaknya APK yang banyak bertebaran di masa tenang, Bawaslu PALI menyatakan."besok pada H-1 pelaksanaan pencoblosan akan di lakukan sapujagad pembersihan terhadap seluruh APK di semua tempat,dan tidak akan terlihat lagi baik itu gambar Caleg maupun Capres."

Pernyataan tersebut ditegaskan oleh Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti melalui Divisi Penindakan Pelanggaran, Fardinan.

"Kami sudah meminta pihak KPU untuk memberikan himbauan kepada seluruh Parpol agar segera mencopot APK yang dipasang selama masa kampanye berlangsung," ujar Fardinan. 

Apabila tidak dicopot sendiri, Fardinan mengatakan bahwa pihak Bawaslu yang akan menurunkan paksa APK tersebut sebagai sanksi terhadap para pelanggar. 

"Mulai dari kemarin kita sudah melakukan pembersihan di sejumlah tempat,dan dipastikan besok sampai pukul 00.00 Wib semua APK sudah bersih," tegasnya. 

Untuk pelaksanaan pembersihan itu sendiri,Fardinan mengaku tidak bisa  dilakukan secara serentak, dikarenakan keterbatasan SDM yang ada.

"Perlahan kita turunkan APK baik di Ibukota hingga ke pelosok sampai H-1 sesuai PKPU bahwa alat peraga tidak boleh terpasang minimal H-1 pelaksanaan Pemilu," tutupnya.

0 komentar: