Rabu, 07 Februari 2024

Forum Komunikasi Publik Ranwal RKPD PALI 2025 Diharapkan Mampu Tampung Aspirasi Pemangku Kepetingan

Realita Terkini.co.id_PALI-Berbagai isu strategis dibahas pada kegiatan Forum konsultasi publik Rancangan Awal (Ranwal) RKPD Kabupaten PALI tahun 2025 yang digelar Pemerintah Daerah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Bappeda, Rabu 7 Februari 2024.

Salah satu isu strategis yang dibahas pada kegiatan tersebut adalah kebutuhan pokok rakyat dan juga pemerataan jaringan internet hingga ke pelosok daerah dalam kabupaten PALI.

Usulan pemerataan jaringan internet hingga ke pelosok disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo PALI Khairiman pada kegiatan tersebut.

Sedangkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Raden Abdurrohman meminta agar kebijakan kedepan lebih memperhatikan kesejahteraan petani karet.

Menyikapi usulan itu, Wabup PALI Drs H.Soemarjono yang mewakili Bupati H.Heri Amalindo mengatakan bahwa untuk pemerataan jaringan internet saat ini telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

“Ini tugas kita bersama terutama Kominfo untuk mencari solusi bagaimana jaringan internet bisa dijangkau semua lapisan masyarakat dimanapun berada,”.

Untuk usulan Raden Abdurrohman, Wabup menyatakan siap mengawal usulan permintaan pupuk bersubsidi sampai ke Pemerintah pusat.

“Petani tak dapat lepas dari pupuk kalau mau produksinya meningkat, maka dari itu untuk mendapatkan pupuk subsidi dengan harga terjangkau, ayo kita bersama-sama mengajukan ke Pemerintah pusat untuk ditambah kuotanya,” ajaknya.

Pada kesempatan itu juga, Wabup yang memimpin rapat tersebut menjelaskan bahwa tujuan forum konsultasi publik Ranwal RKPD PALI tahun 2025 adalah untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2025.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan RKPD sebelum dilaksanakan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang kabupaten dilihat dari periodesasi pelaksanaan RPJMD tahun 2021-2026,” ucap Wabup.

Ditambahkan Wabup bahwa penyusunan RKPD tahun 2025 merupakan tahap perencanaan tahun keempat pelaksanaan RPJMD.

“Penyusunan RKPD tahun 2025 ini tentunya berpedoman dan mengacu pada arah kebijakan dan sasaran RPJMD tahun 2021-2026 dengan memperhatikan Ranwal RKPD Provinsi Sumsel tahun 2025 RKP tahun 2025 dan Ranwal RPJMD PALI tahun 2025-2045,” terangnya.

Sebagai gambaran dan evaluasi, Wabup akui bahwa program-program pembagunan daerah yang dilaksanakan selama ini secara umum telah menunjukkan kemajuan.

“Meskipun masih terdapat beberapa persoalan yang menuntut perhatian kita bersama untuk dapat diselesaikan. Hal ini dapat dilihat dari capaian Indikator makro pembangunan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Bappeda Provinsi Sumatera Selatan juga Bappeda PALI serta seluruh OPD dan Forkopimda dilingkungan Pemkab PALI.

0 komentar: