Selasa, 09 Januari 2024

Tekan Angka Kasus DBD Di Wilayahnya,Pemkab PALI Melalui Puskesmas Talang Ubi Lakukan Foging Dan Ajak Masyarakat Galakkan Gerakan 3M Plus

PALI- Realita Terkini.co.id_Pemeritah Penukal Abab Lematang Ilir melalui PUSKESMAS Talang Ubi mengintensifkan fogging atau pengasapan di sejumlah lokasi dalam Kecamatan Talang Ubi untuk mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti penyebab demam berdarah pada Selasa 9/1/2024

Kepala Puskesmas Talang Ubi  Desi leni, SKM  menjelaskan, kegiatan fogging hari ini akan di lakukan di Kelurahan Pasar bhayangkara, Kelurahan Talang Ubi Selatan dan  Desa Talang Akar.

Fogging atau pengasapan ini di laksanakan karena adanya beberapa kasus DBD yang terjadi  di wilayah tersebut. sedangkan syarat untuk bisa dilakukan foging itu sendiri  yaitu harus ada laporan kasus DBD dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten.

selanjut nya laporan Kasus DBD tersebut,di tindaklanjuti segera oleh Puskesmas Talang Ubi dengan melaksanakan foging dalam radius 100 meter dari rumah penderita

Lebih lanjut dikatakan,bahwa fogging ini hanya dapat membunuh nyamuk dewasa saja, jika nyamuk penular DBD ini pada Fase jentik maka foging tidaklah efektif,  Foging itu sendiri memiliki efek samping yang dapat menyebabkan iritasi mata serta iritasi saluran pernafasan. 

Demi menekan penyebaran kasus DBD pihaknya  secara intensif memberikan edukasi melakukan upaya dalam hal pencegahan. "Kami secara intensif terus memberikan edukasi dan arahan ke warga terkait dengan gerakan 3M plus. Seperti menutup rapat tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat sarang nyamuk dan genangan air" kata Desi leni.

Dalam seluruh prosesnya,peran serta masyarakat menurutnya sangat diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran kasus DBD ini, untuk itu "kami tidak bosannya untuk terus menghimbau pada warga masyarakat agar dapat berperan aktif dan bersama sama dalam upaya mencegah penyebaran jentik nyamuk DBD ini," tegasnya. 

Selanjutnya Puskesmas Talang ubi dalam upayanya mengantisipasi penyebaran DBD ini telah menyiapkan Pojok Abate di Puskesmas Talang Ubi dan mendistribusikan bubuk Abate melalui bidan desa sehingga dapat di bagikan langsung kepada warga masyarakat.

0 komentar: