Selasa, 13 September 2022

Ketua Kamar Dagang dan Industri Muara Enim nyatakan UMKM di wilayah nya masih terkendala Permodalan


Muara Enim. Realita terkini. Com

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Muara Enim "Iwan Setiawan,hadir dalam acara ngobrol bareng bersama awak media di studio Tanjung Enim Radio yang ber alamat di GOR tanah putih Bukit Asam Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Rabu (13/09).

Dalam obrolan tersebut "Iwan setiawan,  menyampaikan bahwa pihak nya telah melakukan berbagai aktivitas program untuk mendorong kemajuan dan kemandirian bidang usaha dan perindustrian khusus nya di kabupaten Muara enim,yang mana hal ini sesuai dengan arahan dari Ketua Kadin Pusat yang menugaskan "Kami,untuk melakukan pendampingan terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Muara Enim ini. 

Disampaikan pula oleh Iwan bahwa kendala utama yang dihadapi UKM saat ini adalah permodalan dan kesadaran akan penting nya mendaftarkan diri dan usaha nya dalam NPWP,

 karena para anggota UKM kebanyakan belum tahu kegunaan dari NPWP, padahal dengan adanya NPWP tersebut dapat berpengaruh pada saat pengajuan pinjaman permodalan dengan pihak Bank dan permasalahan ini merupakan tanggungjawab kita bersama," ucapnya.

Lebih lanjut diungkapkannya, jumlah UKM di Muara Enim saat ini, menurut data dari Dinas Koperasi dan UKM ada sekitar kurang lebih 8000 UMK yang  tersebar di berbagai wilayah di kabupatenMuara Enim.

Dituturkan Iwan "dengan keberadaan UKM saat ini 61,01% dan serapan tenaga kerja dengan ekstensi UKM cukup besar berkisar 97 % secara nasional dan terbukti pada saat pandemi covid, UKM tetap bertahan menjadi penopang ekonomi kerakyatan," bebernya.

"Harapan ke depan, agar UKM ini mendapat perhatian dari semua stakeholder sehingga memberikan kontribusi bagi daerah untuk memotivasi dalam percepatan pemulihan ekonomi dan juga peningkatan SDM," pungkasnya. (Umar)

0 komentar: