Kamis, 15 September 2022

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Muara Enim gelar pelatihan pencegahan dan pemadaman kebakaran di Kecamatan Lawang Kidul

Muara Enim. Realita terkini. Com

- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim bersinergi dengan Kecamatan Lawang Kidul, menggelar pelatihan pencegahan dini dan pemadaman bencana kebakaran selama 1 hari dihadiri 3 Desa, dengan Nara sumber dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Muara Enim, bertempat di Balai Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim. Rabu (14/09)

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP)  Kabupaten Muara Enim yang diwakili Yuli Sri Susanty SE menyampaikan" kesadaran akan pentingnya pengetahuan tentang pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran masih sangat lah kurang di pahami oleh masyarakat umum,  sehingga masih seringkali terjadi bencana kebakaran yang mengakibatkan banyak kerugian baik harta benda maupun jiwa," ucapnya.

"untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, maka diperlukannya pengetahuan tentang hal tersebut karena banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya kebakaran dan faktor tersebut kurang diperhatikan sebagai pencegahan dini," imbuh nya. 

Lebih lanjut dikatakannya, dengan dilaksanakan nya pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran oleh pihak BKAD dan Kecamatan Lawang Kidul ini dapat menambah pengetahuan masyarakat terhadap cara dan upaya pencegahan dini terjadi nya kebakaran agar lebih mudah dan lebih murah dibandingkan upaya penanggulangan," jelasnya.

Kemudian Kepala DPKP Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Camat Lawang Kidul dan Hardiansyah selaku tenaga ahli/pendamping desa, dan juga Kepala Desa yang telah memfasilitasi dan telah hadir dalam pelatihan ini, semoga akan bermanfaat serta dapat di implementasikan ditengah masyarakat sehingga saat ada kejadian dapat lebih siap dan dilakukan dengan cepat serta tanggap.

Sementara Camat Lawang Kidul Andrille Martin menyambut baik digelarnya pelatihan dan simulasi, dengan pelatihan ini dapat meminimalisir terjadinya Kebakaran di kecamatan Lawang Kidul.

Untuk itu "saya berharap kepada peserta pelatihan, agar betul-betul dipahami, karena akan bermanfaat bagi kita, terutama untuk mendeteksi dini terjadinya kebakaran," ungkapnya.

Ia juga menuturkan, pelatihan yang dilakukan sangat bermanfaat dan agar Kadus, Ketua RW/RT dapat menyampaikan ke masyarakat memberikan pemahaman serta palatihan yang berkelanjutan dengan yang lain, pelatihan ini diikuti peserta dari Desa Tegal Rejo, Darmo dan Desa Lingga.

Selanjutnya, camat mengatakannya "pelatihan ini juga dilaksanakan simulasi dengan menggunakan kendaraan air suplay dan alat ringan seperti apar, karung goni untuk memadamkan api skalala kecil jika ada kejadian kebakaran.

Turut hadir dalam acara ini, Camat Lawang Kidul Andrille Martin, Kepala DPKP diwakili Yuli, Hardiansyah selaku Nara sumber dan Mirna selaku pendamping Desa, Kepala Desa dan perangkat Kecamatan Lawang Kidul. (Umar)

0 komentar: