Kamis, 31 Maret 2022

Rencana kerja daerah 2023 Wabup Pali perintahkan jajaran nya fokus kepada program yang berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat bawah

 


Realita terkini.Pali.Kamis pagi tanggal 31 maret 2022 pemerintah daerah kabupaten penukal abab melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan daerah (Musrenbangda) Kabupaten Pali untuk tahun anggaran tahun 2023 di aula rapat kantor dinas bupati kabupaten Pali  Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).



Pada Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pali tahun 2023 ini, dihadiri dan dibuka oleh Wakil Bupati Pali Drs Soemarjono.

Dalam arahannya, Wabup pali menyampaikan bahwa dengan melihat indeks pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten PALI masih rendah, juga angka kemiskinan dan pengangguran terhitung masih sangat tinggi untuk itu maka untuk anggaran belanja daerah tahun 2023, Pemerintah Kabupaten PALI akan lebih difokuskan pada program kegiatan yang mempunyai dampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, menengah kebawah” ujarnya.

Pada kesempatan ini Wabup Pali juga menyampaikan bahwa sebagai bentuk upaya pemerintah dalam menggalakan pembangunan demi kemajuan daerah otonomi baru(DOB)bumi serepat serasan ini, ada beberapa item prmbangunan yang diprioritaskan untuk lebih di tingkat kan lagi kwalitas serta kwantitas nya, juga pemulihan ekonomi pasca pandemi covid ini harus lebih di perhatikan,peningkatan daya saing daerah, peningkatan tata kelola pemerintah, pelayanan publik, dan inovasi daerah, percepatan penanganan kemiskinan dan stunting, peningkatan infrastruktur dasar, kualitas lingkungan hidup dan stabilitas trantibumlinmas harus lebih di tingkat kan lagi” tegas nya.

Wabup juga meminta kepada seluruh OPD agar dalam melaksanakan program kegiatan tidak hanya bergantung pada APBD kabupaten karena anggaran daerah sangat lah minim untuk memenuhi segala pencapaian pembangunan yang kita ingin kan,  Banyak potensi sumber-sumber anggaran dari pusat, provinsi, bahkan CSR dari pihak ketiga yang bisa digali demi untuk memaksimal kan percepatan pembangunan Pali kedepan nya. 
diri nya juga berharap agar semua dinas OPD terkait benar benar merencanakan sebaik baik nya supaya pembangunan yang akan di laksanakan pada tahun anggaran 2023 mendatang harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang dihadapi saat ini.

“Apa yang dikerjakan tahun ini akan memberi pondasi di tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan,” tegasnya sembari membuka secara resmi Musrenbang RKPD tahun 2023.


Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten PALI Ahmad Jhoni, S.P., MM mengatakan, dalam rencana Kerja Musrenbang RKPD 2023 menetapkan empat prioritas, yaitu masalah pemulihan ekonomi, kemudian penanganan masalah kemiskinan, stunting, infrastruktur dasar dan juga tata kelola pemerintahan yang perlu dikuatkan agar pelayanan terhadap masyarakat benar benar terpenuhi dengan baik. 

“Untuk pemulihan ekonomi kita akan lebih meningkat kan lagi daya saing produk barang dan jasa UMKM yang ada di kabupaten Pali,serta sektor-sektor real yang menjadi basis ekonomi masyarakat lain nya seperti pertanian, perikanan sesuai dengan apa yang menjadi arahan pak Wabup”jelas nya.

“Untuk masalah infrastruktur dasar bisa kita lihat peningkatan jalan terutama dari tahun 2015 sudah mencapai hampir 80-90 persen. Dan terkait dengan prioritas pelayanan dasar lain nya kita akan fokuskan penyelesaian pembangunan dan kelengkapan rumah sakit agar tahun depan sudah berjalan,” tutupnya.

0 komentar: